Saturday, August 30, 2014
   
Text Size

Produk Domestik Regional Bruto

Dalam proses perencanaan pembangunan bidang ekonomi suatu daerah diperlukan berbagai data statistik, yang digunakan untuk mengevaluasi hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai pada masa sebelumnya. Data-data statistik menjadi sangat penting sebagai dasar pengambilan keputusan, dalam rangka penentuan kebijaksanaan dan perencanaan pembangunan masa yang akan datang yang berdaya guna dan berhasil guna.

Pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Gayo Lues, dari pengamatan secara kasat mata dapat dikatakan telah memperlihatkan hasil yang nyata. Untuk mengukur keberhasilan tersebut, maka diperlukan indikator yang dalam hal ini berupa indikator statistik berupa publikasi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) 2005-2008

Data yang disajikan dalam publikasi ini dapat dijadikan sebagai indikator untuk melihat secara makro kegiatan perekonomian dalam konteks regional dan dapat pula disajikan sebagai landasan penyusunan perencanaan pembangunan Kabupaten Gayo Lues ke depan.

Publikasi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Gayo Lues tahun 2005-2008 ini menyajikan tinjauan perkembangan perekonomian yang disajikan secara deskriptif dengan visualisasi grafik dan tabel. Pada bagian lampiran disajikan angka-angka pendapatan regional tahun 2005 sampai dengan tahun 2008 baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan (tahun 2000) disertai dengan indeks berantai. Untuk melengkapi ulasan tabel-tabel tersebut disajikan juga konsep, definisi, serta metodologi penghitungan PDRB menurut lapangan usaha dan jenis penggunaannya.

Beberapa data tahun 2008 dalam publikasi ini masih bersifat sementara karena belum tercatat lengkap sehingga harus diestimasi. Data-data tersebut akan disempurnakan pada penerbitan berikutnya.

Publikasi ini adalah hasil kerjasama Badan Pusat Statistik dengan BAPPEDA Kabupaten Gayo Lues.

PDRB Kabupaten Gayo Lues Tahun 2005-2008 (selengkapnya...)

Login